15 Mar 2015

JENIS-JENIS BAHAN KAOS

JENIS-JENIS BAHAN UNTUK KAOS

Dibawah ini kami jelaskan sedikit tentang jenis-jenis bahan kain yang digunakan untuk kaos oblong. 


1. COTTON COMBED / KATUN (20s, 24s, 30s)
Bahan katun combed merupakan bahan yang terbuat murni 100% dari serat kapas alami, Bahan ini memiliki karakteristik dengan tekstur yang lembut, halus, dingin, dan nyaman serta dapat menyerap keringat, sehingga sangat nyaman dan cocok bila di gunakan di iklim Indonesia yang ber cuaca tropis. Kain katun memiliki serat yang halus dan rata sehingga penampilannya akan menjadi lebih halus, rata dan rapih. Ada beberapa jenis kain katun combed yang ada di pasaran, hal ini di bedakan berdasarkan jenis benang yang digunakan serta setting gramasi nya (gr/m2). Ada Katun combed 20s, 24s, 30s, semakin besar angkanya maka semakin tipis bahan kain katunnya. untuk hal ini Katun combed 20s adalah favorite atau yang biasa di gunakan dalam pembuatan kaos sablon / kaos kaos distro pada umumnya, selain nyaman, harga nya pun sangat terjangkau. 

2. COTTON CARDED (20s, 30s)
Bahan katun carded adalah bahan katun yang memiliki serat benang yang kurang halus. bahan kain katun carded ini merupakan kain KW1 nya Katun Combed, hal tersebut di karenakan hasil rajutan dan penampilan bahan kurang halus dan kurang rata dengan harga yang relatif murah. Dibandingkan kain Katun Combed, kain Katun Carded sering digunakan untuk pembuatan kaos kaos dengan target pasar kelas menengah, misalkan untuk kaos pabrik, seragam buruh kerja, dan juga kaos olahraga sekolah sekolah. 

3. POLYESTER dan PE 
Sesuai namanya Polyester, kain ini merupakan berbahan serat sintetis yang terbuat dari bahan ester ( dalam hal ini hasil sampingan minyak bumi dan dibuat bahan berupa serat fiberpoly). Dibandingkan katun, kain jenis ini lebih tipis, agak kasar, dan tidak bisa menyerap keringat, sehinggga saat di pakai akan terasa panas. 

4. TETERON COTTON / TC 
Dengan kemajuan tekhnologi yang sangat pesat dalam beberapa dekade ini, , maka jelaslah kemajuan pengolahan bahan kain pun akan terpengaruhi. Banyak Bahan kain hasil dari penggabungan katun dan polyerster, salah satu hasilnya adalah Teteron Cotton atau TC ini. Bahan kain ini adalah jenis bahan kain yang merupakan campuran dari 35% Katun dan 65% Polyester. Bahan TC ini sama hal nya dengan PR, akan terasa panas dan kurang nyaman saat di pakai karena memang bahan kain ini kurang menyerap keringat, namun tidak perlu khawatir, karena bahan TC ini lebih tahan kusut, dan tidak mudah melar meskipun sudah lama dipakai. 

5. VISCOSE 
Bahan Viscose biasa disebut juga Rayon, Bahan ini adalah sebuah bahan serat sintesa celulosa organic (buatan Manusia) yang biasa digunakan sebagai bahan kain. Tekstur nya memiliki kesamaan dengan tekstur kapas. Viscose biasanya digunakan untuk menambahkan kenyamanan pada serat sintesis dan juga menambah kecerahan warna. Serat Viscose memiliki ketahanan atas kelembaban yang lebih tinggi, kecemerlangan warna yang lebih baik dan lebih lembut di bandingkan kapas. Namun kain ini terkesan mewah, sehingga harga nya pun mahal dan jarang tersedia di pasaran. 

6. COTTON VISCOSE / CVC
Jenis bahan kain ini adalah campuran dari 55% Katun Combed dan 45% Viscose. Kelebihan dari bahan ini adalah tingkat shrikage-nya (susut pola) lebih kecil dari bahan katun. Bahan ini juga bersifat menyerap keringat. 

7. HYGET 
Jenis bahan ini terbuat dari plastik dan sangat tipis, oleh karena itu harga nya sangat murah. namun bahan kain hyget ini bisa di bilang kurang layak dan kurang nyaman untuk di jadikan kaos. Biasanya bahan ini di gunakan untuk pembuatan kaos dengan jumlah massal / banyak, dengan dana yang murah maka bahan ini bisa di gunakan untuk keperluan kampanye partai atau kampanye pilpres/pilkada. 

Demikian informasi bahan yang biasa digunakan dalam pembuatan kaos kaos di Indonesia pada umumnya. 
Nah, dengan demikian anda pun bisa meengetahui mana yang harus anda beli dan memilih dalam membeli kaos kaos di toko toko langganan anda. 


Berikut ini adalah jenis bahan Lain nya : 
1. kaos Polo atau Kaos berkerah, Bahan kaos polo biasanya menggunakan kain rajutan cotton pique atau lacoste.  
2. Jaket, Biasa nya bahan jaket bermacam macam, umumnya untuk pembuatan Jaket, Jumper, Cardigan, ataupun Hoodie menggunakan bahan fleece. Jika anda mengutamakan kenyamanan, maka pilihlah bahan kain yang 100% katun. 

BELI KAOS SABLON DI RUMAH KAOS ANDALUS : 
HUBUNGI 0219558730 

No comments:

Post a Comment